Mangga


Mangga termasuk juga ke marga Mangifera, yang terbagi dalam 35-40 anggota, serta suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya ialah Mangifera indica. Pohon mangga termasuk juga tumbuhan tingkat tinggi yang susunan batangnya (habitus) termasuk juga barisan arboreus

Pohon mangga berpostur besar, bisa capai tinggi sampai 30 m atau bisa lebih, walau umumnya mangga pekarangan cuma seputar 15 m atau kurang.[4] Tangkai tegak, bercabang kuat; dengan daun-daun lebat membuat judul yang indah berupa kubah, oval atau memanjang, berdiameter sampai 10 m.[5][4] Kulit batangnya tebal serta kasar dengan beberapa celah-celah kecil serta sisik-sisik sisa batang daun. Warna pepagan (kulit tangkai) yang telah tua umumnya coklat keabuan, kelabu tua sampai hampir hitam.

Mangga berakar tunggang yang bercabang-cabang, benar-benar panjang sampai dapat capai 6 m. Akar cabang semakin ke bawah makin berkurang, terbanyak akar cabang pada kedalaman kurang lebih 30–60 cm.

Daun tunggal, serta dengan letak menyebar. Panjang batang daun beragam dari 1,25-12,5 cm, sisi pangkalnya jadi membesar serta pada bagian samping atas ada jalurnya. Ketentuan letak daun pada tangkai umumnya 3/8, tapi semakin dekati ujung, terletak semakin bersisihan hingga nampaknya seperti pada lingkaran (roset).[6]

Helai daun beragam tetapi umumnya berupa jorong sampai lanset, dengan panjang seputar 15-40 cm serta lebarnya 6-16 cm, cukup simak serta kasar seperti kulit, daun muda berwarna merah pulasan sampai kejinggaan, serta akan makin lama makin hijau tua mengkilap, dengan usia daun dapat capai satu tahun atau bisa lebih. Daunnya berpangkal melancip dengan pinggir daun bergelombang serta ujung meluncip, dengan 12-30 tulang daun sekunder.

Faedah Buah Mangga Buat Kesehatan
1. Menahan Kanker
Senyawa anti-oksidan yang ada dalam buah mangga membuat perlindungan badan pada efek kanker usus besar, payudara, leukemia serta prostat. Senyawa dalam mangga yang berperanan dalam menahan kanker ialah quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat serta methylgallat.

2. Turunkan Cholesterol
Tinnginya muatan serat, pectin serta vitamin C dalam mangga menolong turunkan kandungan cholesterol dalam darah.
3. Membuat cerah Kulit
Senyawa dalam mangga dapat bersihkan pori-pori serta hilangkan jerawat pada kulit muka..
4. Sehatkan Mata
Bisa sehatkan mata sebab satu cangkir mangga menyuplai 25 % nilai harian vitamin A yang dibutuhkan. 
5. Penuhi Keperluan Alkali
Asam tartrat, asam malat, serta asam sitrat dalam buah ini menolong jaga cadangan alkali badan.
6. Menormalkan Kandungan Insulin
Daun mangga menolong menormalkan kandungan insulin dalam darah. 
7. Meningkatan Perform Seks
Mangga kaya vitamin E. Buah mangga bisa menolong tingkatkan hasrat sex.
8. Tingkatkan Pencernaan serta Menolong Diet
Buah mangga dapat membuat lancar pencernaan serta sekresi yang didapat oleh pencernaan hingga menolong program pengurangan berat badan. 
9. Menyembuhkan Panas Dalam
Teriknya sengatan matahari bisa mengakibatkan kecapekan otot serta permasalahan diuretik.
10. Tingkatkan Kebal Badan
Jumlah vitamin C serta vitamin A yang cukup, ditambah 25 tipe karotenoid dalam mangga menolong jaga skema kebal badan Anda masih sehat serta kuat.

Postingan populer dari blog ini

REMOTE VS. IN PERSON-LEARNING

Nonetheless, the obstacles in correlating AMR along with morbidity

athletic performance