Nanas


Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) ialah semacam tumbuhan tropis yang datang dari Brasil, Bolivia, serta Paraguay. Tumbuhan ini termasuk juga dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau bisa lebih daun yang panjang, berbuntut tajam, tersusun berbentuk roset melingkari tangkai yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris dikatakan sebagai pineapple sebab memiliki bentuk yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' datang dari panggilan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang berarti "buah yang benar-benar baik". 

Tumbuhan liar datang dari drainase Sungai Paraná-Paraguay di antara Brasil selatan serta Paraguay. Sedikit yang diketahui mengenai domestikasi tapi menebar untuk tanaman di semua Amerika Selatan, serta pada akhirnya capai Karibia, Amerika Tengah, serta Meksiko, dimana dia dibudidayakan oleh suku Maya serta Aztec. [20] Orang Eropa pertama yang mendapatkan nanas ialah Columbus, di Guadeloupe pada tanggal 4 November 1493, dimana waktu nanas yang dipotong dialokasikan dengan cara luas serta adalah elemen yang konstan dari makanan masyarakat asli Amerika. [21] [22] Portugis ambil buah dari Brasil serta memperkenalkannya ke India pada 1550. [23] Kultivar 'Spanyol Merah' dikenalkan oleh Spanyol dari Amerika Latin ke Filipina, serta ditanam untuk pemakaian tekstil minimal dari era ke-17.

Columbus bawa tanaman itu kembali pada Spanyol serta mengatakan piña de Indes, yang bermakna "pinus orang India". Nanas didokumentasikan dalam Dasawarsa Dunia Baru karya Peter Martyr di tahun 1516 serta Le Voyage et Navigacion karya Antonio Pigafetta tahun 1526, serta contoh pertama yang diketahui ialah dalam Historia General de Las Indias pada tahun 1535 punya Oviedo.

Nanas membuat orang Eropa kagum untuk buah kolonialisme [27] tapi nanas tidak bisa sukses ditanam di Eropa semasa beberapa era sampai Pieter de la Court meningkatkan hortikultura rumah kaca di dekat Leyden dari seputar tahun 1658. [28] [22] Tanaman nanas dialokasikan dari Belanda ke tukang kebun Inggris pada 1719 serta Perancis pada 1730. [22] Di Inggris, nanas pertama ditanam di Dorney Court, Dorney di Buckinghamshire, serta "kompor nanas" besar untuk memanasi tanaman dibuat di Chelsea Physic Garden pada 1723. [29] [30] Di Prancis, Raja Louis XV diberikan dengan nanas yang sudah ditanam di Versailles di tahun 1733. Di Rusia, Catherine the Great mengonsumsi nanas yang ditanam di perkebunannya sendiri sebelum 1796. [31] Sebab ongkos import langsung serta ongkos yang besar sekali dalam perlengkapan serta tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menumbuhkan mereka di iklim sedang, memakai rumah kaca yang disebutkan "pineries", nanas selekasnya jadi lambang kekayaan. Mereka awalannya dipakai khususnya untuk pameran di acara pesta makan malam, dibanding dikonsumsi, serta dipakai berkali-kali sampai mereka mulai membusuk. [32] Pada paruh ke-2 era ke-18, produksi buah di perkebunan Inggris sudah jadi subyek kompetisi besar di antara bangsawan kaya. [32] John Murray, Earl of Dunmore ke-4 bangun rumah kaca di tanah kepunyaannya yang dikelilingi oleh kubah batu besar setinggi 14 mtr. berbentuk buah; itu diketahui untuk Nanas Dunmore. Dalam arsitektur, profil nanas jadi komponen dekoratif yang melambatgkan keramahan.

Beberapa manfaat buah nanas yang sudah masak:
berbentuk dingin, bisa kurangi keluarnya asam lambung yang terlalu berlebih, menolong pencernaan makanan di lambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), bersihkan jaringan kulit yang mati, mengganggu perkembangan sel kanker, menghalangi aglutinasi trombosit.

Beberapa penyakit yang bisa sembuh dengan buah nanas:
Air perasan (Juice) Nanas: Cacingan, radang tenggorokan, Beri-beri, turunkan berat tubuh, permasalahan pencernaan
Daun Nanas (bersihkan bersih, ditumbuk halus, oleskan pada yang sakit): Untuk cedera bakar, gatal serta bisul
Ketombe: Siapkan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, serta saring. Imbuhkan air perasan 1 buah jeruk nipis serta aduk sampai rata. Pakai ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Kerjakan malam sebelum tidur. Esok paginya rambut dikeramas. Kerjakan 2-3 kali dalam satu minggu.
Infeksi kulit: siapkan 1/2 buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya digunakan untuk menggosok kulit yang bersisik serta terkelupas. Kerjakan sekali satu hari, malam sebelum tidur. Esok paginya baru dicuci bersih. Kerjakan tiap hari.
Sembelit: minum air perasan dari 3 buah nanas, tetapi pilih buah yang belum masak betul serta cukup sedikit asam.

Postingan populer dari blog ini

REMOTE VS. IN PERSON-LEARNING

Nonetheless, the obstacles in correlating AMR along with morbidity

athletic performance